GE2Pada posting sebelumnya,  saya menyajikan tips dan tools untuk  membuat shapefile menjadi file *KML/KMZ atau Export Shape to KML, maka posting ini justru sebaliknya, yaitu tips untuk membuat file KML menjadi shapefile atau file lainnya (DXF, TAB, GPX, TXT, BLN, CSV). Seperti Anda ketahui bahwa pada Google Earth seorang user bisa melakukan melakukan on screen digitizing baik Placemark (point), path (polyline) maupun polygon melalui dropdown menu – – > add. Untuk menyimpan menjadi file KML  klik File – – > Save – – > Save Place As kemudian Save As Type-nya *.KML. Nah, file inilah nantinya yang bisa di konversi ke shapefile.

Proses konversi ini, membutuhkan tools yang disebut KML2SHP. Anda bisa download pada http://www.zonums.com/kml2shp.html. Semua tipe feature KML baik Point, Polyline (Path), maupun Polygon (inner and outer) oleh tools tanpa instalasi ini bisa di eksport ke shp. Setiap shapefile hasil konversi termasuk didalamnya adalah attributes table (dbf) dan index file (shx).  Lihat gambar berikut :

kml2shp

Langkah-langkah penggunaannya sangat mudah, yaitu :
1. Buka KML File, maka feature yang dimaksud akan tergambar pada viewer yang tersedia.
2. Pilih tipe feature dari shapefile, Point, Polyline (Path), atau Polygon (inner and outer)
3. Ubah sistem proyeksi peta sesuai dengan keinginan anda (optional)
4. Pilih output nama shapefile dengan klik ikon bergambar disket
5. Klik button Accept

Lihat gambar dibawah ini

kml export

KML2SHP ini bisa juga untuk melakukan export ke AutoCAD (DXF) and GPS (GPX). Jika anda membutuhkan konversi KML to TAB atau TXT/CSV anda bisa menggunakan tools yang tersedia di KML2X Website Tool http://www.zonums.com/online/kml2x.html.

zonum_kml2shp

Cara kerjanya hampir sama dengan KML2SHP, namun dari pengalaman saya menggunakannya ketika klik Open KML File, Window Browse File KML-nya sering error. Mungkin akan berbeda di tempat anda mengaksesnya. Silahkan mencoba…