Arc2Earth Data Services adalah layanan baru yang mampu menampilkan data satelit dari Google Earth di dalam kanvas ArcMap. Saat ini, hanya layanan inilah yang legal sebagai metode untuk menampilkan data Google Earth di dalam ArcGIS, karena Arc2Earth adalah OEM partner dari Google untuk Mapping API keluaran Google.

Anda bisa mendapatkan software Arc2Earth secara gratis dengan mengunduh versi Community Edition. Untuk mendapatkannya Anda harus mendaftar terlebih dahulu di link berikut : http://www.arc2earth.com/communityedition/. Versi gratis ini memiliki beberapa batasan diantaranya kemampuan KML export/import hanya 250 features, selain itu setiap peta dari Google Earth yang tampil di ArcMap juga akan diberi tanda air (watermark). Untuk Data Services, tidak tersedia versi gratis. Harga yang di patok untuk dapat menggunakan layanan ini adalah USD 450.

Tentang Arc2Earth Data Services bisal Anda lihat di link berikut : http://www.arc2earth.com/services/data-services/. Anda juga bisa melihat komparasi software Arc2Earth yang free dan berbayar termasuk dengan kelengkapan fiturnya di link berikut : http://www.arc2earth.com/purchase/

UPDATE : Pembaca blog ini telah membuat tutorial cara mendapatkan Arc2Earth Community Edition [GRATIS]. Penulis tutorial tersebut adalah  Imam Munandar, GIS Support Unit di Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) Unsyiah, Banda Aceh.

Download Tutorial Cara Mendapatkan Arc2Earth Community Edition

Postingan lain yang serupa : Mini Tutorial GIS Sinkronisasi antara ArcMap dengan Google Earth