ESRI merilis sebuah podcast tentang perubahan versi  ArcGIS 9.4 yang kini menjadi ArcGIS 10. Dalam podcast tersebut, Jack Dangermond menjelaskan perubahan nama tersebut. Perubahan versi ini juga menjelaskan bahwa versi 9.3 dan sebelumnya dan versi 10 nantinya adalah berbeda, terutama dari sisi GUI.

Anda bisa mendengarkan podcast dari Jack Dangermond di http://www.esri.com/news/podcasts/audio/speaker/dangermond_arcgis10.mp3.

Peningkatan pada ArcGIS 10 nantinya, tidak jauh dengan apa yang pernah di posting sebelumnya tentang sembilan inovasi di ArcGIS 9.4.  Diantaranya ArcCatalog yang menyatu dengan ArcMap, terdapat fungsi tab pada tabel attibute, kecepatan dalam me-render data raster yang bisa dilihat di link ini.

ESRI sendiri juga sudah menyediakan halaman khusus What’s Coming ArcGIS 10 untuk melihat lebih detail tentang peningkatan dan hal baru lainnya. ArcGIS 10 direncanakan rilis pada kuartal kedua tahun ini. Dengan rilisnya ArcGIS 10, nantinya ESRI juga akan mengupdate training class yang terdapat di training.esri.com