convert-graphics-to-featuresArcGIS 9.3 Beta telah di rilis pada 12 Maret 2008. Versi full version-nya diharapkan akan launching pada akhir 2008 ini. Beberapa perbaikan dan peningkatan diantaranya adalah pada ArcGIS Desktop, saat ini sudah support Windows Vista, selain XP dan Windows Server 2003. Microsoft sendiri telah me-launching Windows Server 2008, namun ESRI tidak menyebutkan bahwa ArcGIS 9.3 bisa digunakan di Windows Server 2008.

Konversi graphics to features selama ini pada ArcGIS 9.2 saya menggunakan Xtools Pro, namun pada versi terbaru ini telah disediakan tanpa harus menggunakan toolbar editor. Dari sisi kartografi, saat ini tersedia multiple view windows.

Dari sisi geodatabase, ArcGIS 9.3 kali ini juga telah full support PostgreSQL (Open Source DBMS) untuk geodatabase data model. Vector geometry disimpan dalam ESRI spatial type dan juga telah support untuk PostGIS Open Source spatial type. Selain itu, ArcGIS 9.3 akan support pada 2 spatial types dalam Microsoft SQL Server 2008 (Geography or Geometry).

Selengkapnya bisa dilihat pada What’s Coming In ArcGIS 9.3 di situs resmi ESRI.com.