ESRI telah bekerjasama dengan Amazon Web Service beberapa waktu lalu, dengan tujuan untuk mendukung penggunaan ArcGIS Server sebagai layanan cloud computing. Dengan GIS cloud tersebut, nantinya user bisa menyewa untuk menggunakan ArcGIS Server secara online dengan membayar hanya sebesar data yang digunakan saja di Amazon web Service. Untuk mendukung hal tersebut, ESRI telah menyediakan ArcGIS.com.

Rencananya user juga bisa memiliki aplikasi online dengan kemampuan untuk share data, services, models dan juga templates. ArcGIS.com nantinya merupakan implementasi yang lengkap tentang penggunaan GIS on the cloud yang kemungkinan akan tersedia pada akhir tahun ini. Dengan tersedianya layanan GIS cloud dari ESRI via ArcGIS.com ini, user tidak memerlukan investasi yang mahal untuk membeli software ArcGIS, dan diharapkan akan lebih banyak pengguna menjadi lebih familiar dengan GIS tools dari ESRI.

Saya saat ini sudah memanfaatkan salah satu layanan dari Amazon Web Service yaitu Amazon S3 (Simple Storage Service). Saya cukup puas dengan layanan ini, selain sangat murah, upload & download sangat stabil, dan banyak free application yang mendukungnya. Saya sendiri menggunakan Add on S3 Fox untuk Firefox sebagai antar muka menggunakan layanan Amazon S3. Amazon Web Service telah menjelma menjadi layanan cloud computing yang terbesar, dan ESRI mempercayainya sebagai mitra untuk mendukung GIS on the cloud. Ingin mencoba salah satu layanan GIS cloud yang saat ini sudah ada? Baca postingan GIS Cloud : Layanan Berbasis Web dengan Fitur GIS Terlengkap