Dua hari ini, saya mengalami gangguan dengan operasional ArcToolbox di ArcGIS. Tiba-tiba saja, ArcToolbox Dialog Tool menjadi blank/empty alias kosong sama sekali, seperti gambar dibawah. Tidak hanya berlaku untuk satu atau dua tools saja, tetapi seluruh tools yang terdapat di ArcToolbox tersebut. Dan (bahagianya) ternyata saya tidak sendirian kena kasus seperti ini, ESRI pasti punya solusi untuk mengatasinya.

ESRI tech support telah memberikan solusi (sementara) untuk kasus ini. Saya katakan sementara, karena mungkin kejadian ini berulang lagi. Karena di forum ESRI sendiri, ada beberapa user yang tetap mendapati ArcToolbox Dialog Tool-nya tetap blank setelah mengikuti solusi ini. Dalam forum tersebut juga ada yang mengatakan, ini adalah salah satu bug yang ada di ArcGIS 9.3 / 9.3.1. Entahlah

Solusi untuk mengatasi ArcToolbox Dialog Tool yang tiba-tiba blank / empty, seperti juga yang terdapat forum ESRI terdiri atas dua langkah, sebagai berikut :

Sebelumnya pastikan Anda menutup seluruh aplikasi ArcGIS, kemudian ikuti tahapan

  1. Buka directory berikut C:Documents and SettingsUSERApplication DataESRIArcToolbox (USER adalah nama pengguna computer Anda, bisa berbeda-beda tiap computer). Hapus file ArcToolbox.dat yang berada di dalamnya.
  2. Dari menu Start Windows, klik Run, kemudian ketik Regedit. Jendela Registry Editor akan tampil. Kemudian temukan folder dengan nama ESRI yang terdapat di HKEY_CURRENT_USERSoftware. lalu rename folder ESRI tersebut menjadi ESRI_OLD. Tutup jendela Registry Editor.

ArcToolbox Dialog Tool kembali seperti sedia kala setelah ArcMap kembali diaktifkan. Pada beberapa user, solusi ini berhasil, namun setelah mengaktifkan ArcMap pada session berikutnya, ArcToolbox Dialog Tool kembali blank / empty. Namun hal ini tidak terjadi pada ArcToolbox saya.

Belum jelas alasan dari ESRI kenapa hal ini bisa terjadi.