Saya mencoba membantu saudara Mario Chandra atas pertanyaannya di milis RS-GISForum beberapa hari yang lalu. Pertanyaan yang diajukan adalah sebagai berikut :

“Saya menggunakan arcview dengan dialog designernya dan tabel atribut
pada themenya. Saya ingin bertanya yang jadi permasalahan pada script avenue yaitu bagaimana menyimpan data ke databasenya
yang telah kita ubah dengan menggunakan dialog designer pada aTextLinenya sehingga tersimpan pada databasenya.
Mohon saya dibantu dengan menggunakan script diatas yang berfungsi mengisi database pada aTextLine saja.
Apa yang perlu ditambahkan atau dirubah pada requestnya untuk menjadikan menu dialog designer ini menyimpan ke database atributnya dan bagaimana membersihkan data yang terisi sebelumnya pada textline setelah dibuka kembali secara otomatis.Terimakasih sebelumnya.”

Sebenarnya sebelum pertanyaan tersebut terdapat script yang disertakan dalam emailnya, namun tidak saya tampilkan, karena saya merombaknya dan membuatnya lebih sederhana. Saya juga sempat dibuat bingung dengan pertanyaan tersebut, apakah seluruh recordnya akan diisi databasenya dengan sekali entri pada dialognya, ini berarti seluruh field terpilih akan mempunyai value yang sama atau recordnya akan diisi dengan nilai yang unik.

Untuk itu saya membuat dua solusi sekaligus, yaitu :

A. Dialog yang akan mengisi seluruh field dengan nilai yang sama dan

B. Dialog yang akan mengisi record dengan melakukan seleksi terhadap feature yang ditentukan oleh user.

Anda bisa mengunduh file project untuk solusi tersebut DISINI dengan nama file imb.zip

menubaru

Solusi A dapat di coba dengan meng-klik Menu Baru–> Entry Baru (Lihat gambar diatas dengan lingkaran merah)

Dialog akan terbuka, isi sebuah nilai (Number) kemudian klik OK, maka seluruh nilai field terpilih sesuai dengan isian Anda

Solusi B dapat dicoba dengan meng-klik Tools baru yang saya buat (Lihat gambar diatas dengan lingkaran merah dibawah Menu Baru)

Klik salah satu feature bangunan yang ingin Anda isi nilainya, feature akan terseleksi (berwarna kuning). Maka dialog baru akan terbuka, isikan sebuah nilai (Number), maka field terpilih akan berisi nilai sesuai isian Anda.

Silahkan mencoba…