peta

Peta merupakan gambaran sebagian permukaan bumi dalam skala yang lebih  kecil dan berisi sesuatu jenis informasi tentang mukabumi yang bersangkutan.

  1. Peta Umum, yang menggambarkan permukaan bumi secara umum. Biasanya disebut dengan Peta Topografi atau ada yang menyebutnya Peta Rupabumi, karena peta ini menggambarkan “wajah” muka bumi, baik kenyataan fisik (alami), seperti pegunungan, lembah, sungai-sungai, dan sebagainya, maupun kenampakan kultural misalnya permukiman, jalan, dan sebagainya. Secara sederhana pengertian peta topografi adalah peta yang menggambarkan hampir semua kenampakan-kenampakan alami dan kenampakan kultural (buatan manusia) yang ada di permukaan bumi sejauh skalanya memungkinkan, dan disajikan seteliti mungkin.
  2. Peta Khusus, yang menggambarkan kenampakan khusus yang ada di permukaan bumi atau kenampakan yang ada kaitannya dengan permukaan bumi. Peta khusus ini dikenal dengan nama Peta Tematik karena menunjukkan hanya tema tertentu, bergantung pada informasi yang ingin disampaikan. Jika informasinya merupakan informasi tanah, maka disebut peta tanah, jika informasinya merupakan informasi iklim, maka disebut peta iklim, dan sebagainya.
  3. Peta Navigasi, yang biasanya disebut dengan istilah khusus, yaitu charts. Peta ini penggunaannya khusus untuk kepentingan navigasi, misalnya navigasi laut dan udara.

Cuplikan diatas adalah pengertian tentang peta yang terdapat dalam e-book Cara Membaca dan Memanfaatkan Peta yang tersedia gratis untuk di download (link download ada di akhir posting ini). Manfaat yang dapat diambil dari pembacaan peta amat beragam untuk berbagai aplikasi, dengan kemampuan membaca peta topografi yang terus dilatih, seseorang akan dapat merasakan berbagai informasi yang dapat bermanfaat bagi pribadi maupun orang lain, untuk kepentingan hobi ataupun untuk mendukung pekerjaan. Dengan terus berlatih dan mengasah keterampilan dalam pembacaan peta dan navigasi, sangat mungkin seseorang menemukan metode-metode baru yang lebih praktis dan lebih mudah selain yang telah disampaikan dalam modul ini.

Berikut adalah chapter yang tersedia dalam e-book ini :

  1. PENGERTIAN PETA
  2. JENIS KENAMPAKAN PADA PETA
  3. PEMBUATAN PETA TOPOGRAFI
  4. CARA MEMBACA PETA TOPOGRAFI
  5. UNSUR-UNSUR PETA TOPOGRAFI
  6. SKALA PETA
  7. MENGUKUR JARAK (DISTANCE)
  8. ARAH (DIRECTION) ATAU ORIENTASI (ORIENTATION)
  9. SIMBOL–SIMBOL PETA DAN LEGENDA
  10. SISTEM KOORDINAT
  11. PENYAJIAN RELIEF  PADA PETA
  12. UNSUR-UNSUR PENTING LAIN YANG DAPAT DISADAP DARI PETA TOPOGRAFI
  13. PENUTUP

Download e-Book Cara Membaca dan Memanfaatkan Peta