Dugaan bahwa iPhone/iPad telah melacak dan merekam data berbasis lokasi pada perangkat mobile telah di bantah oleh Apple. Perusahaan berlogo apel tergigit tersebut menyatakan bahwa itu hanyalah bug yang terjadi pada software berbasis lokasi yang telah menyimpan lokasi pengguna tanpa pernah secara otomatis menghapusnya setelah sekian lama. Lalu bagaimana sebenarnya iPhone mengetahui lokasi Anda?
iphone white

iPhone dan juga iPad telah disematkan teknologi Assisted-Global Positioning System (A-GPS) yang merupakan penyempurnaan dari GPS sebagai satelit penentu posisi di belahan bumi. Metode Advanced Positioning yang terdapat pada A-GPS merupakan metode penentuan posisi yang paling tinggi akurasinya dibandingkan metode deteksi posisi lainnya. sehingga A-GPS jauh lebih efisien dan efektif dalam mengakses informasi dari satelit karena tidak perlu mencari data satu persatu dari ke-24 satelit yang ada, namun A-GPS telah mengetahui sasaran (satelit) mana yang dibutuhkan atau dituju. Lebih lanjut, A-GPS merupakan layanan yang menggabungkan sistem GPS dan layanan GSM (Global System for Mobile Communications).

Apple dan juga Google melalui Android-nya juga menggunakan teknologi Wi-Fi positioning. Teknologi ini merupakan jawaban untuk akurasi lokasi yang lebih baik di wilayah perkotaan dan area indoor, karena gedung-gedung tinggi dan atap bangunan menghalangi GPS untuk mendapatkan transmisi satelit, sehingga mengurangi akurasi dan kecepatan penentuan lokasi. Seperti diketahui, GPS membutuhkan waktu hingga sekitar 10-15 menit untuk mendapatkan transmisi satelit pada saat pertama kali GPS diaktifkan, itupun tergantung lokasinya, apakah di area terbuka atau bukan.

Teknologi Wi-Fi positioning akan bekerja dengan cara melakukan login ke titik-titik hotspot Wi-Fi serta tower ponsel yang dekat gadget tersebut. Untuk diketahui, tower ponsel dan Wi-Fi access point telah memiliki lokasi geografis di perangkatnya saat di instal.  Laman di Wikipedia disini mungkin bisa memberi gambaran tentang cara kerja teknologi Wi-Fi positioning atau Wi-Fi Trilateration.

Apple telah menggunakan teknologi Wi-Fi positioning yang mulai digunakan pada iOS 4 dari perusahaan yang telah memiliki database Wi-Fi access point di seluruh dunia, Skyhook [http://www.skyhookwireless.com/howitworks/coverage.php].

iphone maps

Dengan salah satu atau kedua teknologi tersebut, lokasi pengguna iPhone/iPad dengan cepat dan tepat dapat mengetahui posisinya setiap kali membuka aplikasi Maps yang ditandai dengan lingkaran berwarna biru. Ketika lingkaran tersebut tampak berukuran besar, sebenarnya GPS/A-GPS sedang bekerja dan mengumpulkan sumber lain, baik dari tower ponsel maupun Wi-Fi hotspot untuk mendapatkan lokasi yang paling presisi. Saat lokasi diyakini oleh software sebagai lokasi yang tepat, warna biru terang dengan ukuran kecil menunjukkan lokasi yang tepat tersebut.