Memiliki beberapa kompetensi atau keahlian dalam pemrograman telah menjadi kebutuhan penting untuk bekerja di bidang teknologi geospasial. Bahkan secara spesifik beberapa lowongan kerja GIS membutuhkan keahlian programming sebagai salah satu syaratnya. Mayoritas posisi tingkat analis GIS membutuhkan beberapa keahlian dalam pengembangan program dan aplikasi. Jadi bahasa pemrograman apa yang harus Anda pelajari agar bisa bersaing di dalam lingkup pekerjaan teknologi geospasial?

Python adalah bahasa scripting yang populer diantara software GIS, terutama bagi mereka yang ingin bekerja dengan produk desktop ESRI. Belajar Python adalah cara memahami scripting dan menciptakan beragam tools dalam kerangka ArcGIS untuk kemudahan analisis.

C # merupakan bahasa pemrograman disarankan yang relatif mudah dan intuitif untuk dipelajari. Belajar. NET juga akan memungkinkan Anda untuk mampu membuat kustomisasi di ArcGIS. Bahasa pemrograman VBA tidak akan lagi mendukung ArcGIS 10. Untuk itu bagi pengguna yang memiliki fungsi kustomisasi yang dibangun menggunakan VBA , harus merencanakan strategi untuk menulis ulang aplikasi mereka menggunakan bahasa pengembangan yang didukung seperti Python, VB.NET, atau C # sehingga mereka aplikasi terus operasional dan didukung dalam rilis masa depan ArcGIS.

Untuk pengembangan aplikasi berbasis web, belajar HTML, javascript, dan CSS sebagai dasarnya. Java, PHP, dan ASP.NET adalah bahasa pemrograman tambahan untuk pengembangan web yang lebih maju.

Pertanyaannya, saya harus mulai dari mana? Belajar konsep dasar pemrograman sangat penting. Dari sana, pindah ke bahasa pemrograman tertentu. Berikut adalah panduan untuk menemukan sumber daya di internet dan buku-buku untuk membantu Anda belajar pemrograman.

The Basics

How to Design Programs: An Introduction to Programming and Computing
Bacaan wajib untuk pemula yang ingin mempelajari pemrograman.  Edisi  September 2003 bisa di akses gratis.

C++

Object-Oriented Programming with C++
Free online courseware (lectures and tutorials) from University of Southern Queensland’s OpenCourseWare (USQ OCW).

Python (also see Python and GIS for more resources)

Beginner’s Guide to Python
Free, online resource to learning Python.

Google’s Python Class
Free class from Google to learn Python.

Python for Software Design: How to Think Like a Computer Scientist
Buku yang menyediakan pengenalan singkat untuk merancang perangkat lunak menggunakan Python. Buku ini adalah versi terbaru dari How to Think Like a Computer Scientist: Learning with Python yang bisa di download gratis

Geoprocessing with Python using Open Source GIS
Structured  course outline by Chris Garrard of Utah State University with links to open source software, course slides, and data.

VBA

Getting to know ArcObjects: Programming ArcGIS with VBA
Buku oleh Robert Burke yang memberikan gambaran dasar dari ArcObjects pemrograman dan pemrograman di dalam lingkungan Microsoft Visual Basic for Applications (VBA)

GIS Programming Makes You Lazy
Situs yang menyediakan tutorial dan gambaran konsep tentang Objects, Classes, and Interfaces, VBA, and ArcObjects.

Semoga bermanfaat

via GISLounge.com