Quantum GIS (QGIS) baru saja merilis versi terbarunya yaitu 1.7 yang di beri nama Wroclaw. QGIS 1.7 ini merupakan versi terakhir untuk seri 1.x, karena ke depan tidak akan ada rilis 1.8 atau 1.9 dst, karena pada developer akan melompat pada QGIS 2.0. Salah satu yang suka dari QGIS adalah kemudahan untuk Export/Import data spasial.

qgis 1.7  Wroclaw

Kemudahan export/import data spasial di QGIS bisa disamakan dengan Global Mapper. Untuk import data, user cukup add data vektor kemudian menentukan format data spasial apa yang ingin di tampilkan di layers content QGIS. Layer yang telah ada di layers content QGIS tersebut bisa dengan mudah di export dengan cara klik kanan layer yang akan di export tersebut, pilih save as, tentukan output format data spasialnya, beri nama file hasil ouput tersebut, klik OK, selesai.

Lihat gambar di bawah ini untuk melihat list data spasial yang bisa di tampilkan / import di QGIS. Hampir semua data spasial dalam format vektor yang saya kenal ada disana.

Untuk keperluan export data spasial dari QGIS ke format lain, memang tidak sebanyak yang bisa di import, atau se-komplit Global Mapper, namun menurut saya sudah cukup lengkap, karena kemampuan export data yang sering saya lakukan seperti shp to kmlshp to dxf, shp to gpx dan juga dapat dengan mudah di kerjakan di QGIS.

Sebagian format data spasial yang bisa di export dari QGIS

Saya termasuk pemula di QGIS, masih banyak yang harus saya pelajari dari open source GIS software ini. Saya akan memulai posting beberapa tips yang berkaitan dengan QGIS ke depannya, so tunggu postingan tentang QGIS berikutnya ya..