Saya sedang mencoba-coba untuk melakukan geotag photo-photo survey yang pernah saya kunjungi  cara menambahkan informasi koordinat ke dalam metadata photo tersebut. Anda bisa dengan mudah memanfaarkan software gratis Picasa dari Google untuk proses geotag tersebut. Namun kali ini saya ingin menunjukkan software gratis dari Microsoft yang bisa digunakan untuk geotag photo dengan atau tanpa data GPS, yaitu Pro Photo Tools v.2.


Microsoft Pro Photo Tools sangat mudah digunakan untuk melakukan editing metada photo termasuk menambahkan informasi koordinat (latitude/longitude) dan informasi lokasi kota/Negara atau biasa disebut sebagai proses geotagging. Informasi geo-lokasi tersebut akan tersimpan di dalam metadata photo. Anda bisa melakukan geotagging photo dengan drag & drop photo ke dalam form yang tersedia, kemudian menentukan lokasi photo dengan drag photo tersebut ke peta Bing Maps yang tersedia software ini. Simpan photo tersebut, maka informasi koordinat telah terdapat di metadata photo tersebut.

Jika Anda mempunyai GPS track, berikut tahapan untuk menambahkan informasi koordinat ke dalam metadata photo menggunakan Microsoft Pro Photo Tools :

  1. Drag photo ke viewer Pro Photo Tools.
  2. Panggil data GPS dari Track Route section, klik pada tombol Load from File.
  3. Pilih semua photo dengan menekan Ctrl+A
  4. Klik pada tombol Place Images dibawah Track Route. Seluruh photo akan diletakkan pada peta Bing Maps.
  5. Jika photo telah sesuai dengan GPS track, dari menu File –> Save All Images with New Data, maka informasi koordinat akan ditambahkan ke dalam metadata photo. Sinkronisasi antara GPS track dan photo di dasarkan pada waktu pengambilan photo dan waktu pada GPS track. Untuk itu, sebelum mengambil photo, pastikan waktu kamera (jam/menit/detik) telah sesuai waktu GPS (jam/menit/detik). Kalau perlu, ambil photo waktu GPS dengan kamera tersebut untuk digunakan sebagai acuan (seperti tampak pada gambar diatas)

Postingan lain tentang geotagging photo di GIS Blog ini bisa di lihat di link ini

Download Microsoft Pro Photo Tools