Bencana gempa bumi Sumatera Barat pada 30 September 2009 lalu yang mengakibatkan ratusan korban jiwa di Kota Padang, Pariaman, Agam dan sekitarnya telah di rekam melalui citra satelit IKONOS dengan tanggal rekaman pada 02 Oktober 2009 atau dua hari setelah bencana memilukan tersebut terjadi. Namun citra satelit yang ada masih terbatas pada sekitar daerah longsor di Padang Pariaman. Anda bisa melihat gambar rekaman citra satelit sebelum gempa terjadi dengan tanggal rekam pada 18 Mei 2007 dan sesudah bencana terjadi dibawah ini.

Citra satelit sebelum bencana gempa (direkam pada 18 Mei 2007)

Citra satelit setelah bencana gempa (direkam pada 02 Oktober 2009)

Anda bisa mendapatkan gambaran lebih lengkap di situs Centre for Remote Imaging, Sensing and Processing National University of Singapore (CRISP-NUS), termasuk citra satelit daerah Cianjur sebelum dan sesudah gempa Tasikmalaya 2 September 2009. Anda juga bisa mendapatkan full citra satelit Kota Padang dan sekitarnya sebelum bencana gempa terjadi di link ini

Image Copyright : © CRISP 2007 – 2009; usage of satellite images on CRISP web pages is subjected to terms and conditions.

Header image diambil dari mediaindonesia.com