worlwide coordinate converter

The Worldwide Coordinate Converter (disingkat TWCC) adalah aplikasi interaktif yang bisa Anda gunakan untuk melakukan konversi koordinat dengan interface menggunakan Google Maps. Anda bisa melakukan konversi dari Decimal Degree ke UTM atau sebaliknya hanya dengan melakukan drag & drop sebuah globe icon ke lokasi yang anda inginkan. Aplikasi ini dibuat oleh Clement Ronzon.

Selain memperoleh nilai koordinat, TWCC juga memberikan  informasi alamat (geocoding) dan juga  nilai elevasi pada lokasi yang Anda tentukan tersebut, seperti tampak pada gambar diatas.

Berikut tahapan cara menggunakan aplikasi coordinate converter berbasis Google Maps ini :
coordinate converter

  1. Tentukan coordinate system referensi terlebih dahulu. Untuk tahap ini saya memilih decimal degree [GPS (WGS84)(Deg)]. Lihat gambar, form yang  atas.
  2. Menentukan coordinate system hasil konversi. Pada tahap ini saya memilih UTM [GPS (WGS84)(UTM)] dengan unit meters. Lihat gambar, form yang  bawah.
  3. Anda bisa mengisikan nilai coordinate yang ingin anda konversi, atau meng-klik pada peta / geser globe icon pada  lokasi yang ingin Anda ketahui nilai koordinat-nya sekaligus melakukan konversi ke UTM, atau mengisi pada menu pencarian di kanan atas.
  4. Untuk melakukan konversi koordinat cukup klik button convert yang tersedia.

Silahkan mencoba aplikasi coordinate converter di Google Maps, The Worldwide Coordinate Converter (TWCC)