Saya pernah memposting beberapa tips untuk melakukan clip atau crop data raster (image) baik menggunakan ArcGIS, MapWindow, maupun ArcView 3.x. Kali ini saya ingin menunjukkan cara crop data raster menggunakan Global Mapper. Salah satu kelebihan melakukan crop di Global Mapper adalah kecepatan proses cropping-nya dibanding yang saya sebutkan sebelumnya diatas.

Cara melakukan crop data raster menggunakan Global Mapper ini bisa menggunakan shapefile atau data vektor lainnya yang bertipe polygon. Syarat utama agar hasil crop sesuai dengan yang user inginkan atau sesuai dengan data vektor adalah dengan memilihnya (seleksi) terlebih dahulu. Data raster akan di crop sesuai dengan area yang sudah di seleksi tersebut. Seleksi data vektor bisa dilakukan dengan fitur Info Tool atau Digitizer Tool.

Jika area crop Anda lebih dari satu (seperti yang dicontohkan dalam video ini) atau multiple area, maka seleksi data vektor harus menggunakan Digitizer Tool, karena fitur Info Tool hanya bisa menyeleksi satu area saja. Setelah data vektor terseleksi, proses crop bisa dilakukan dari menu File –> Export Raster &  Elevation Data –> pilih jenis format file yang Anda inginkan. Pada jendela wizard yang terbuka pindahkan pada tab Export Bounds, pilih opsi paling bawah  Crop To Selected Area Feature(s). Selengkapnya bisa dilihat di video berikut ini (tampilan full screen lebih baik dengan mengklik tanda di sebelah kiri tulisan Screenr). Anda juga bisa mendownload video ini dalam format MP4 disini.

Download Video Tutorial GIS : How to Crop Raster Data Using Global Mapper