Situs navigasi GPS populer di Indonesia, Navigasi.net, baru-baru ini merilis GPS Map seluruh Indonesia versi 1.75. Peta GPS Indonesia yang tersedia untuk di download secara gratis ini merupakan hasil sumbangsih dari anggota navigasi.net seluruh Indonesia. File tersedia untuk Garmin NT, Navitel dan Papago.

File GPS Map Indonesia tersebut selain tersedia dalam secara full (lebih dari 100 mb), juga tersedia link download yang dipecah kedalam beberapa file berukuran lebih kecil, agar pengguna internet dengan bandwidth rendah bisa mendownload keseluruhan file dengan mudah. Anda cukup anda eksekusi sebuah file EXE yang nantinya akan melakukan semua proses penggabungan dan melakukan proses instalasi secara otomatis.

Saat di instalasi di jalankan (versi Garmin NT), terdapat dua pilihan  yaitu :

  • Install maps for Mapsource Application
  • Create Garmin Map (GPSMAPUPP.IMG)

Anda bisa pilih salah satu atau centang dua pilihan tersebut sekaligus. Tahapan selanjutnya, adalah menentukan drive/folder  tempat GPS Map tersebut disimpan. Selain itu terdapat pilihan tampilan peta yang Anda inginkan, yaitu :

  • Full customize (tampak seperti gambar diatas)
  • Original road
  • Basic road

Informasi yang ada di GPS Map Indonesia dari navigasi.net ini, menurut saya  adalah GPS Map yang terbaik saat ini. Selain kedetailan ruas jalan, Point of Interest (POI) yang disertakan cukup lengkap. Jadi untuk Anda yang berencana mudik tahun 2010 ini,  GPS Map ini bisa Anda jadikan sebagai peta mudik 2010. Buat Anda yang memiliki Garmin Nuvi di mobil, GPS Map Indonesia ini bisa di upload ke perangkat tersebut. Berikut screenshot GPS Map Kota Solo yang saya capture dari Mapsource menunjukkan kedetailan informasi yang terdapat di GPS Map Indonesia dari Navigasi.net.

Download Gratis GPS Map Indonesia dari Navigasi.net

Via navigasi.net/goptd.php