CartoView baru saja merilis beberapa source code Google Maps templates yang bisa Anda gunakan untuk membuat web mapping milik Anda sendiri untuk berbagai keperluan tanpa perlu keahlian programming.

Sebagai contoh adalah Google Map Kota San Francisco di link ini yang sudah termasuk layer Fusion Tables, Twitter, Flickr dan YouTube. Di peta ini user bisa menampilkan kegiatan yang sedang berlangsung di kota, misalnya dimana ada acara music outdoor, turnamen olahraga dsb. User juga bisa melihat Tweets dari pengguna Twitter atau menampilkan video dari YouTube di peta tersebut.

google maps source code

Dengan source code yang tersedia, Anda bisa mengubah default kota menjadi kota pilihan Anda sendiri untuk menampilkan informasi spasial sesuai kebutuhan atau keinginan Anda sendiri. Gambar diatas adalah screenshoot saat saya membuka salah satu source code yang sudah saya download menggunakan Microsoft WebMatrix.

Selain source code dengan platform Google Maps, CartoView juga menyediakan source code dengan platform Open Layers dan Google Earth Browser. Anda bisa download source code tersebut di CartoView Demos page.