MapWindow GIS pernah saya singgung pada postingan tentang list Open Source GIS. MapWindow mampu menampilkan data standar GIS dari ESRI yaitu shapefile, termasuk kemampuan menampilkan DBF attibute, editing attribute, shapefile manipulation, editing dan konversi data. Beragam GIS format lainnya selain shapefile juga di support oleh Mapwindow, diantaranya GeoTIFF, ESRI ArcInfo dan binary grids. Dan Anda pun juga bisa melakukan download image yang telah memiliki world file (georektifikasi image) dari Google Earth menggunakan MapWindow GIS.

Untuk dapat melakukan download image dari Google Earth di MapWindow GIS, diperlukan tambahan plugin Shape2Earth. Plugin ini tersedia versi free dan berbayar. Untuk versi yang free, MapWindow user hanya diperkenankan untuk mendownload image dalam format black and white saja. Dengan versi berbayar (USD $29), MapWindow user bisa mendownload color image dari Google Earth.

Image hasil download dari Google Earth di MapWindow GIS dengan menggunakan plugin Shape2Earth ini telah ter-georektifikasi dengan memiliki world file (*.jpgw dan *.prj), sehingga bisa dibuka dengan software GIS apapun. Di MapWindow GIS pun, Anda bisa menampilkannya hanya dengan add layer. Tutorial cara melakukan download image dari Google Earth menggunakan MapWindow GIS bisa Anda temukan DI LINK INI.

Jika Anda ingin mendownload image resolusi tinggi dari Google Earth tanpa limitasi seperti yang dimiliki software MapWindow GIS, Anda bisa mengikuti tahapan secara step-by-step cara melakukan download image resolusi tinggi dari Google Earth yang tersedia dalam format ebook di LINK INI. Dalam paketnya, selain ebook tersebut, disertakan software extractor DBCache.dat – nya Google Earth yang mampu mengkonversi DBCache.dat menjadi “kepingan-kepingan” file image dalam format JPG yang telah ter-georektifikasi dengan memiliki world file (*.jpgw dan *.prj), sehingga Anda tidak perlu melakukan georeferencing lagi. Selain itu juga, disertakan software Google Earth Plus Portable yang telah di modifikasi sehingga tidak terdapat watermark-nya.

Dengan tahapan seperti yang terdapat dalam ebook cara melakukan download image resolusi tinggi dari Google Earth tersebut, Anda bisa mendownload area dengan luas 100 km2 kurang dari 1 jam saja. Namun hal ini tergantung dari kecepatan komputer dan kecepatan koneksi internet Anda.

Dapatkan ebook cara melakukan download image resolusi tinggi dari Google Earth di LINK INI