Open Source GIS gvSIG versi terbaru 1.11 kini tersedia dalam format portable untuk di jalankan langsung dari USB Flash Disk, atau bisa juga Anda copykan ke komputer untuk di operasikan tanpa butuh instalasi sama sekali. gvSIG 1.11 portable tersedia untuk Windows dan Linux.

Sebelumnya saya pernah posting tentang beberapa open source GIS portable serta software GPS portable di GIS blog ini, diantaranya QuickGrid Portable, OziExplorer Portable, MapSource Portable, Floppy GIS Portable, serta yang paling komplit adalah Portable GIS V2 dari Archaeogeek yang di dalam paketnya sudah termasuk QGIS (with GRASS plugin), uDIG, gvSIG untuk GIS desktop serta Mapserver, OpenLayers, Tilecache, Featureserver, dan Geoserver untuk aplikasi web.

Open Source GIS gvSIG yang terdapat dalam Portable GIS V2 tersebut adalah versi yang lama, yang terbaru adalah gvSIG versi 1.11. Total size setelah di unzip sekitar 285 MB. Format portable ini bukan saja berisi file program untuk menjalankan gvSIG, tapi juga Java Runtime Engine, jadi jika komputer yang Anda gunakan untuk menjalankan gvSIG portable ini belum terinstall Java, software ini tetap bisa Anda gunakan. gvSIG dibuat berbasiskan Java.

Jika Anda jalankan gvSIG portable ini untuk pertama kali, default bahasa yang digunakan adalah Spanish, karena memang software open source ini di buat di Spanyol. Untuk mengubah bahasa ke English ikuti tahapan berikut (lihat gambar dibawah) :

  1. Jalankan program gvSIG portable
  2. Dari menu “Ventana” pilih  “Preferencias”.
  3. Dari jendela yang terbuka klik + pada  “General”, lalu pilih “Idioma”.
  4. Pilih bahasa  yang diingkinkan (English), klik “Aceptar” ,  jalankan ulang program gvSIG portable

Download gvSIG 1.11 Portable