Satu lagi aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan download peta/image dari Google Maps.

Setelah sebelumnya saya memposting hal serupa dengan memanfaatkan Firefox + Add-On ScreenGrab dan  yang kedua menggunakan aplikasi Google Map Saver (GMS). Aplikasi yang dimaksud dalam postingan kali ini adalah Google Map Buddy (GMB).

Aplikasi portable ini  menampilkan peta dari  Google Maps seperti halnya yang tersaji di browser. Seluruh opsi navigasi tersedia, sehingga user bisa melakukan searching untuk mendapatkan directions dari pencarian tersebut. Cara kerja Google Map Buddy saat melakukan download atau lebih tepatnya capture peta dari Google Maps adalah sebagai berikut:
  1. Browse area yang ingin Anda download atau search dari menu yang tersedia.
  2. Zoom in atau zoom out area  yang ingin di capture untuk menyesuaikan kebutuhan peta. Anda tidak perlu takut detail peta tidak terlihat pada zoom level pilihan Anda tersebut.
  3. Dari menu yang terdapat di Toolbar, click pada button Select Area, buat sebuah kotak untuk membatasi area yang ingin di download petanya, lalu tentukan tingkat zoom level pada toolbar untuk menentukan kedetailan peta hasil download. Pastikan nilai x dan y tidak berisi tulisan “unknown”.  Jika berisi tulisan “unknown” ganti tingkat zoom level Anda.
  4. Untuk mendownload click pada button Create Map Image. Anda akan diminta untuk menentukan tempat menyimpan image peta dalam format PNG. Google Map Buddy ini akan meng-capture bagian demi bagian untuk kemudian menggabungnya menjadi satu kesatuan peta dengan resolusi cukup tinggi. Setelah proses selesai, Anda akan ditanya, apakah ingin menyimpan hasil capture bagian demi bagian tersebut atau menghapusnya.

Resolusi peta yang dihasilkan cukup baik menurut saya, tergantung tingkat zoom level yang user pilih.  Download Google Map Buddy melalui link dalam kotak hijau di bawah ini.

Download Google Map Buddy