Google Map Saver (GMS) adalah salah satu alternatif program yang mampu melakukan download peta dari Google Maps.

Sebelumnya saya menunjukkan kepada Anda cara download peta dari Google Maps menggunakan browser Firefox dengan memanfaatkan Add-on Screengrab. Postingan tersebut telah dibaca lebih dari 25.000 200.000 kali dari Agustus 2009  hingga sekarang dan menempati halaman pertama pencarian Google Indonesia untuk kata kunci  “Google Map“. GMS sendiri merupakan aplikasi portable desktop yang tidak membutuhkan instalasi.

Cara kerja GMS untuk melakukan download peta dari Google Maps ini sangat mudah. Berikut tahapannya :

  1. Download aplikasi Google Maps Saver [400kb, file .exe ].
  2. Double click file .exe tersebut untuk membuka aplikasi GMS. No installation required.
  3. Pada kiri atas tersedia isian Location/POI , ketikkan nama daerah atau kota yang Anda ingin download, misalnya : Bandung, Indonesia.
  4. Tentukan pilihan resolution, zoom, output format dan peta yang ingin di download (Map / Satellite / Hybrid / Terrain). Pilihan terbaik berdasarkan percobaan saya, resolution : custom 4096 x 4096, zoom : 15, output format : PNG24.
  5. Klik GO untuk menampilkan preview peta yang di download. Anda masih bisa melakukan panning jika petanya belum sesuai dengan keinginan Anda.
  6. Klik tombol Save untuk mendownload preview peta dari Google Maps tersebut. Catatan: Jangan menutupi aplikasi GMS ini dengan aplikasi window yang lain saat proses saving berlangsung. Mengapa? Silahkan coba sendiri peringatan saya ini…

Secara default, GMS akan menambahkan watermark saat Anda menyimpan peta hasil download dari Google Maps. Contoh watermark lihat diatas. Untuk menghilangkan watermark tersebut, cukup klik icon Globe di kanan atas aplikasi GMS, kemudian klik activate button pada pop-up window yang tampil. Restart aplikasi GMS, maka kini Anda bisa menyimpan peta hasil download dari Google Maps tanpa watermark.

Alternatif lain untuk download peta dari Google Maps selain GMS dan Firefox + Screengrab adalah Google Maps Downloader. Untuk yang satu ini saya tidak pernah membuat postingannya. Download link Google Map Saver tersedia di bawah ini. Grab the maps you want for personal use only and dont remove the Google mark on final images.

Download Link Google Map Saver (GMS) update 29 April 2011

Anda bisa membuat georeference image hasil download dari Google Maps dengan mengikuti postingan ini.

Berikut beberapa postingan lain di iniGIS.com tentang cara download image dari Google Maps/Google Earth :