Aplikasi berikut ini mampu melakukan download peta untuk dilihat secara offline baik dari Google Maps, OpenStreetMap, Yahoo Map, Cloudmade, Information Freeway dan OpenCycleMaptiles secara otomatis.

Sebelumnya saya pernah posting 3 cara untuk melakukan download peta dari Google Maps, masing-masing menggunakan Firefox + add on Screengrab, kemudian menggunakan aplikasi Google Map Saver dan terakhir menggunakan Google Map Buddy. Aplikasi yang di tulis dalam bahasa Phyton 2.6 ini disebut GmapCatcher.

GUI dari GmapCatcher seperti terlihat pada gambar diatas. Anda bisa melakukan setting, misalnya default directory untuk menyimpan peta hasil download. Anda juga bisa memilih spesifik area untuk di download dengan menginput latitude dan longitude serta menentukan zoom level-nya. Tersedia progress bar, sehingga Anda bisa mengetahui waktu download peta tersebut.

Versi terbaru dari GmapCatcher telah GPS support dan mendukung seluruh perangkat GPS  yang kompatibel dengan GPSD. Jika Anda pengguna Windows dan ingin kompatibel dengan GPS Anda harus menginstall   GPSD for Windows.

Download GmapCatcher, an Offline Map Viewer

Berikut beberapa postingan lain di iniGIS.com tentang cara download image dari Google Maps/Google Earth :