Hari bumi diperingati secara internasional tiap tanggal 22 April. Peringatan hari bumi diilhami dan dirancang untuk meningkatkan kesadaran bahwa planet yang ditinggali manusia ini sudah semakin tua dan penuh kerusakan. Pencanangan hari bumi di dunia ini ada dua versi, yang kedua-duanya tidak perlu diperdebatkan mana yang benar. Yang pertama adalah hari bumi yang jatuh tiap tanggal 22 April. Asal mula pencanangan tanggal ini dimulai oleh seorang pengajar lingkungan hidup yang merupakan senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson. Tanggal ini bertepatan dengan musim semi di belahan bumi utara dan musim gugur di belahan bumi selatan. Yang kedua adalah peringatan hari bumi yang dicanangkan oleh PBB pada tanggal 20 Maret. Tanggal ini bertepatan dimana matahari berada tepat diatas garis khatulistiwa yang terkenal dengan sebutan Ekuinoks Maret.
Untuk mendukung gerakan peringatan hari bumi ini, beberapa kalangan aktivis lingkungan hidup, Kampus-kampus, organisasi international banyak menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang berbau pelestarian lingkungan hidup, dengan berbagai metode dan cara masing-masing, diantaranya :
1. AAYF ( Asian African Youth Forum ) Indonesia dan Rotaract club Bandung Area, menggelar kampanye lingkungan bertajuk Aple Day. Salah satu agendanya adalag adanya kegiatan menukar 3 botol plastik bekas dengan 1 buah apel.
2. Fakultas Kehutanan UGM menyelenggarakan Forestfest. Diisi dengan acara : Karnaval, Fun Bike, General Lecture, dll.
3. Teknik Lingkungan ITS, mengambil tema Earth Week. Acara yang akan digelar adalah : Uji Emisi mobil dan motor, kegiatan earth day for kids, dll.
4. Disneys. Dalam peringatan hari bumi tahun ini, nanti tepat pada tanggal 22 April Disney akan melancarkan permainan Facebook, Disney Animal Kingdom. Permainan penjelajahan ini diadaptasi dari adegan dan lokasi di taman Animal Kingdom dan ilmuwan berpartisipasi dalam penciptaannya untuk memastikan bahwa isinya tetap ramah lingkungan.