eBook Desktop GIS: Mapping the Planet with Open Source Tools karya Gary Sherman mencoba untuk menjembatani kesenjangan antara ArcGIS dan software berbayar lainnya dengan open source GIS. Dalam ebook ini, Sherman mencoba untuk memperkenalkan pengguna memanfaatkan Open Source GIS menganalisa data geospatial. Open Source GIS yang dibahas dalam ebook ini adalah GRASS, Quantum GIS atau QGIS dan uDig.

eBook ini membahas semua dasar-dasar penggunaan GIS mulai dari menampilkan data raster dan vektor, digitasi dan editing data vektor, editing data attribute, serta opsi-opsi konversi file. Pembaca juga akan di kenalkan dengan Open Source Spatial Database, PostGIS, menggunakan PostGIS dengan Quantum GIS dan PostGIS dengan uDig.

Bekerja dengan data GPS menggunakan Quantum GIS dibahas pada halaman 130. Selain itu ditunjukkan cara melakukan Georeferencing Image menggunakan QGIS dan Grass. Bekerja dengan sistem proyeksi dibahas khusus pada chapter 9, sementara chapter 10 membahas tentang Geoprocessing.

GIS Scripting juga dibahas dalam ebook 349 halaman ini. Pembaca akan ditunjukkan menuliskan script di Grass, QGIS, GDAL & OGR serta PostGIS. Anda juga dituntun untuk membuat Aplikasi GIS hasil scripting Anda sendiri. Pada akhir chapter pembaca ditunjukkan cara menginstall Open Source GIS yang menjadi pembahasan dalam ebook ini.

Download link tersedia dibawah dalam dua bagian. Bagian pertama dari chapter 1 – 10 dan bagian kedua dari chapter 11 – 14 ditambah dengan chapter tambahan A – D serta index buku.

Download Gratis eBook Desktop GIS: Mapping the Planet with Open Source Tools