ESRI merilis ebook yang bisa di download gratis dengan topic “Geomedicine : Can geographic information make me healthy?” Ebook 32 halaman ini menunjukkan manfaat dari riwayat kesehatan pasien yang di hubungkan dengan di mana mereka tinggal, tempat bekerja atau sekolah dan lokasi bermain favoritnya.

Saat di kampus, saya diberi mata kuliah Geografi Kesehatan, yang juga menunjukkan bagaimana karakteristik penampakan ruang muka bumi bisa mempengaruhi penyebaran penyakit menular. Sementara Geomedicine ini menekankan pada bagaimana lingkungan yang Anda tinggali saat ini atau tempat Anda belajar dan bermain sekarang mempengaruhi kesehatan Anda jika dikaitkan dengan catatan medis/riwayat kesehatan Anda.

Ada contoh kasus di dalam ebook ini, bagaimana sang penulis Bill Davenhall terkena serangan jantung di tempatnya bekerja. Setelah sembuh Bill mencoba mencari tahu apakah pengaruh lingkungan tempatnya bekerja memiliki risiko tinggi terhadap penyakit jantungnya. Kondisi lingkungan seperti kualitas udara yang buruk dan exposure polutan sangat berisiko untuk penderita penyakit jantung. Lalu dimana Bill bisa menemukan informasi tentang kualitas udara dan exposure poluton secara spasial?

Ada beberapa chapter lainnya yang menarik untuk dibaca. Silahkan download ebook Geomedicine dari ESRI ini.