edit color ramp

Saya termasuk yang paling sering memanfaatkan Color Ramp untuk menunjukkan gradasi wilayah ketinggian dari data TIN di ArcGIS – Arcmap. Namun kadang saya sering kecewa dengan pilihan color ramp default bawaan dari ArcGIS, karena kadang-kadang wilayah yang memiliki beda tinggi terlihat memiliki warna yang sama. Saya bisa saja mengedit warna tersebut satu-persatu, namun bagaimana jika saya ingin warna pilihan saya tersebut menjadi sebuah template color ramp, sehingga saat saya membutuhkannya kembali, bisa dengan mudah menggunakannya? Posting kali ini ingin menunjukkan cara melakukan edit color ramp di ArcMap dengan menggunakan Tools Style Manager.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan edit color ramp di ArcMap :

  1. Buka Style Manager dari menu Tools –> Style –> Style Manager
  2. Setelah jendela Style Manager terbuka, double click directory ESRI.style –> Color Ramps.
  3. Pilih salah satu color ramp yang ingin Anda edit. Sebaiknya Anda tidak mengedit color ramp default yang tersedia, namun membuat copy dari color ramp tersebut dan mengeditnya (highlight dan klik kanan). Gambar dibawah menunjukkan langkah melakukan copy – paste color ramp untuk kemudian melakukan renameĀ  color ramp tersebut.


  4. Highlight nama baru color ramp Anda dan klik kanan pilih properties. Saya mengambil contoh mengedit color ramp Elevation1# yang merupakan gabungan dari beberapa color ramp (multi-part color ramp), dimana saya hanya ingin mengedit dua color ramp saja, yaitu no 1 dan no 2 teratas. Lihat gambar dibawah. Pada jendela Algorithmic Color Ramp Properties, Anda bisa mengatur warna dengan mengganti pilihan warna 1 dan atau 2, kemudian menggerakan slider di bawahnya untuk mengatur brightness warna pilihan Anda tersebut. Klik OK jika sudah selesai dan Close jendela Style Manager.
  5. Color Ramp hasil editing Anda kini telah tersedia di Layer Properties. Lihat gambar.

Nah, gambar paling atas menunjukkan perbedaan dari color ramp Elevation1# yang secara default tersedia di ArcMap dengan color ramp hasil editing saya. Bagaimana menurut Anda, cukup berbeda bukan? Jika belum puas Anda bisa mengulangi editing pilihan warna atau membuat color ramp Anda sendiri. Untuk yang satu ini silahkan mencoba sendiri šŸ™‚

Semoga bermanfaat