Konversi GDB to KML bisa dengan mudah dilakukan di Google Earth, namun saya sering kali menerima data GPS hasil tracking engineer di kantor yang butuh banyak editing karena beberapa sebab. Di Google Earth sulit untuk melakukan editing track atau route. Dengan menggunakan aplikasi gratis tanpa instalasi yang disebut RouteConverter ini, proses editing route, track dan waypoint menjadi lebih mudah.

RouteConverter juga merupakan aplikasi lintas platform yang bisa melakukan konversi ke berbagai jenis tipe format file. Ada sekitar 70 tipe format file yang di dukung oleh aplikasi berbasis java yang bisa digunakan di Linux, Windows dan Mac ini.

Anda bisa menampilkan route, track atau waypoint dengan menggunakan background peta dari Google Maps di aplikasi RouteConverter ini. Selain itu Anda juga bisa mengganti tampilan background peta dari OpenStreetMap. Dimungkinkan juga untuk melengkapi data elevasi pada track, route dan waypoint dari data SRTM. Anda membutuhkan koneksi internet untuk dapat memanfaatkan semua fitur tersebut.

Fitur lainnya RouteConverter dan link download bisa ditemukan disini