Esri hari ini merilis versi terbaru free GIS viewer ArcGIS Explorer Desktop Build 1700, dengan peningkatan baru diantaranya sudah terintegrasi dengan GPS, peningkatan fitur query serta fitur baru dimana user bisa menambahkan photo yang telah di geotag langsung ke dalam peta dengan cara drag and drop.

Dengan kemampuan terbaru ArcGIS Explorer Desktop Build 1700 ini, pengguna bisa melakukan tracking GPS dengan ArcGIS Explorer sebagai visualisasinya baik dalam kondisi statis maupun saat bergerak (mobile). Pengguna juga bisa query pada data shapes yang ada (points, lines, areas) menggunakan spatial operators seperti  contains, intersects, overlaps, and within.

Padahal GIS blog ini belum lama memposting cara georeference image menggunakan ArcGIS Explorer dan  Mini GIS Tutorial : GPS Data to ArcMap Menggunakan ArcGIS Explorer Desktop yang tentu saja menggunakan Build 1500. Saya akan coba update kedua tutorial tersebut dengan versi terbaru Build 1700 ini lain waktu.

Anda bisa lihat selengkapnya What’s New ArcGIS Explorer Desktop Build 1700 disini serta download versi terbaru tersebut disini.