ArcGIS 10.1 rencananya akan dirilis awal tahun 2012, sementara versi Beta 1 akan dirilis bulan Juli ini. ESRI akan menggunakan ArcGIS Beta Community http://betacommunity.esri.com untuk memperkenalkan ArcGIS 10.1 beta ini. Bagi pengguna dari US bisa mendaftar di situs tersebut, sementara pengguna dari negara lain harus dinominasikan oleh distributor ESRI negara yang bersangkutan. Apa saja fitur baru dan peningkatan di ArcGIS 10.1  Desktop ?

Berikut adalah Top 10 Peningkatan pada ArcGIS 10.1 For Desktop :

10. Peningkatan pada menu pencarian / Searching, dengan kemudahan pencarian unuk penentuan sistem proyeksi yang tepat, spatial filtering untuk pencarian di dalam peta yang  sedang ditampilkan serta mendukung pencarian untuk kata kunci spatial tertentu.

9. Update informasi editor dengan menu Editor tracking

8. Auto Geotag photos menghasilkan fitur point dari folder yang berisi photo yang telah di geotag.

7. Fitur GPX to features tool  kini tersedia secara default untuk menampilkan data GPS waypoints, tracks dan routes. Di ArcGIS 10 saya menggunakan Add-in Toolbox Convert GPSFile to SHP

6. Fitur KML to Layers mendukung penggunaan simboldan import pop-up

5. Dua fitur baru generalization tools di cartography untuk membuat area jalan untuk kemudahan simplifikasi perubahan skala yang sebelumnya hanya dilakuakan secara manual.

4.  Interface baru untuk  administrasi geodatabase dimana user bisa melakukan pengaturan view dan penguncian geodatabase.

3.  Peningkatan pada fitur Labeling dengan penempatan otomatis deksripstif text pada peta.

2. Legenda dinamis yang bisa berubah mengikuti perubahan skala peta.

1. Fitur baru Share As untuk kemudahan berbagi data spasial dan pembuatan paket peta (map package).

ESRI juga telah mengumumkan perubahan penamaan di ArcGIS 10.1  karena faktanya, bagaimanapun ArcGIS digunakan, pada dasarnya menggunakan sistem yang sama.