Tutorial ArcGIS cukup banyak dicari oleh mereka yang ingin sekali belajar ArcGIS secara mandiri. Di milis rsgisforum pun beberapa kali member mempertanyakan hal tersebut. Pencarian di Google dengan kata kunci ” Tutorial ArcGIS ” selalu saja menemukan tutorial tersebut berbahasa asing (English), sedangkan kebutuhan mereka yang mencari adalah dalam bahasa Indonesia.

Modul ArcGIS DasarSeorang teman memberikan saya modul ArcGIS yang dibuat oleh team GIS Konsorsium Aceh Nias. Dan yang paling menyenangkan adalah modul ini berbahasa Indonesia. Anda bisa lihat pada cover depannya kan?

Isi Tutorial ArcGIS berbahasa Indonesia ini cukup lengkap untuk tingkat dasar ( Basic ). Untuk detail isi tutorial ini, berikut saya kutipkan daftar isi, yang saya ambil dari modulnya.

BAB I. SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

BAB II. PENGENALAN ArcMAP

BAB III. PENGANTAR ArcCATALOG

BAB IV. REKTIFIKASI

BAB V. MEMBUAT DATA SPASIAL

BAB VI. MENGEDIT DATA VEKTOR

BAB VII. MENAMPILKAN DATA SPASIAL

BAB VIII. QUERY DATA

BAB IX. LAYOUT DAN PENCETAKAN PETA

BAB 10. SUMBER DATA DALAM ArcGIS

Lalu bagimana dan dimana saya bisa mendapatkannya? Mungkin pertanyan Anda seperti itu.. Saya sendiri ragu untuk mempublikasikannya untuk umum melalui internet agar semua yang membutuhkan bisa mendapatkannya. Tapi dengan niat saya ingin membagi dan berprinsip “Tidak Di Makan Sendiri” maka modul Tutorial ArcGIS Dasar berbahasa Indonesia tersebut saya share kepada teman-teman yang membutuhkan. Sebelumnya saya mohon maaf jika ada yang berkeberatan dengan apa yang saya lakukan ini.

Link download bisa anda temui di akhir posting ini, sebelumnya saya juga membagi modul ArcView 3.3 buatan saya sendiri. Saya juga berniat lebih giat lagi menulis tentang tips dan trik GIS di blog ini, karena sudah lama rasanya saya tidak menulis di blog ini. OK, Mudah-mudahan bermanfaat…

Download Tutorial ArcGIS Disini