Apa yang anda harapkan dari photo hasil survey lapangan dan titik koordinat hasil plotting GPS? Anda seperti juga saya, pasti menginginkan ketika user melakukan klik pada titik koordinat yang dimaksud, maka photo yang memang menggambarkan keadaan di lapangan muncul secara otomatis. It’s possible?

Dengan menggunakan software GPS Photo Link (shareware-trial 10 kali pemakaian 15 hari pemakaian . Saat ini tersedia versi 4.3) maka gambaran seperti yang diharapkan diatas bisa dilakukan dengan mudah. Proses tersebut disebut dengan Geotagging. Geotagging, atau seringkali disebut sebagai Geocoding, merupakan penambahan indentifikasi metadata geografis pada media website RSS feeds, atau image / photo.

Software tersebut akan mencocokan antara waktu (tanggal dan jam/menit/detik) pengambilan photo dengan waktu pada saat tracking menggunakan GPS. Jadi syarat utama keberhasilan proses tersebut adalah kesamaan waktu antara GPS dengan kamera digital anda. Pastikan hal ini sebelum memulai pengambilan photo dan tracking GPS. Software ini akan menghasilkan layer dengan format shapefile (biasanya bernama picture.shp) dan mereproduksi photo dengan informasi tanggal, titik tinggi dan tentu saja koordinat pada setiap tampilannya. Lihat contoh dibawah.

gps-photo-link-1

Tampilan photo link berupa thumbnail pada saat mouse di arahkan (on mouse over) ke titik koordinat.

gps-photo-link-2
Tampilan photo link saat double click pada titik koordinat. Perhatikan photo dengan informasi tanggal, titik tinggi dan koordinat lokasi serta informasi tambahan lainnya.

Saran saya jika ingin mendownload software ini, tunggu postingan saya berikutnya yang akan menjelaskan step by step penggunaan software GPS Photo Link hingga aplikasinya di ArcMap , boleh juga disebut Tutorial GPS Photo Link. Ingat versi trial-nya hanya 10 kali pake! So tunggu postingan berikutnya ya…