Tulisan ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya : GPS Data to ArcMap Menggunakan ArcGIS Explorer Desktop, yang hanya menunjukkan garis besarnya saja. Tulisan ini merupakan tutorial yang lebih lengkap disertai dengan screenshoot tahapan pengerjaan seluruh proses yang diperlukan.

gps data to arcmap

Bagi Anda yang sering melakukan survey, mungkin mengalami kesulitan saat melakukan import waypoint / track data GPS ke dalam ArcGIS-ArcMap. Posting kali ini  ingin menunjukkan cara menampilkan data GPS ke ArcGIS-ArcMap dengan terlebih dahulu melakukan import GPS data tersebut ke ArcGIS Explorer Desktop.

Untuk dapat menampilkan data hasil tracking di GPS ke dalam ArcGIS-ArcMap, sebelumnya Anda perlu melakukan konversi data tersebut ke dalam format GPX file. GPX file adalah GPS eXchange Format yaitu XML schema yang dibuat untuk mendeskripsikan data GPS antar software aplikasi. Saat ini GPX telah di support oleh ratusan software dan aplikasi secara online yang menjadikan GPX sebagai format standar interchange antara data GPS dan GPS receiver, aplikasi desktop dan mobile software serta layanan berbasis web.

Selengkapnya Anda bisa download tutorial tersebut di bawah ini.

Download Tutorial Lengkap GPS Data to ArcMap Menggunakan ArcGIS Explorer Desktop

Tulisan ini dibuat oleh Imam Munandar, GIS Support Unit dari Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) Unsyiah, Banda Aceh, penulis tamu di iniGIS.com. Tulisan dari Imam Munandar sebelumnya adalah tutorial cara mendapatkan Arc2Earth Community Edition