Google baru saja merilis Google Earth 6.0  beta. Pada versi terbaru ini, terdapat fitur-fitur baru didalamnya, diantaranya :

  • Integrasi dengan Street View

Kini Google Earth mengintegrasikan Si Pegman ke dalamnya. Pegman terdapat di bawah kontrol navigasi di kanan atas. Jika daerah yang Anda kunjungi tersedia layanan Street View, cukup drag si Pegman untuk ke lokasi yang Anda inginkan. Jalan-jalan di Google Earth akan tampak berwarna biru, lalu lepaskan si Pegman, maka Google Earth akan berubah menjadi Street View Mode. Perubahan ini terasa sangat smooth.

  • Pohon dalam 3 dimensi

Google telah menambahkan tampilan pohon dalam 3 dimensi.  Pada rilis kali ini terdapat 80,000,000 pohon di beberapa kota diantarnya San Francisco, Chicago, New York, Athens, Tokyo dan Berlin. Ada juga 3D pohon untuk beberapa hutan tertentu di Afika dan Mexico.

Lihat video dibawah ini yang memberikan gambaran fitur Street View dan 3D trees di Google Earth

  • Updated historical imagery system

Update historical imagery mungkin hanya perubahan kecil, dimana  saat Anda mengaktifkan fitur tersebut melalui menu button diatas, maka di kiri bawah akan menunjukkan tanggal rekam image yang tertua yang tersedia di Google Earth.  Silahkan video di bawah ini tentang Updated historical imagery system di Google Earth versi 6.

Ketika saya coba update dari dalam Google Earth melalui menu Help –> Check for Updates Online ternyata tidak bisa. Jadi Anda harus download Google Earth 6 dari earth.google.com.