Ada cukup banyak game yang bisa dimainkan di Google Earth, salah satunya adalah game Flight Simulator. Seorang  Iran bernama Amir B telah membuat tambahan animasi pesawat untuk game tersebut. Berbeda dengan game yang pernah saya posting sebelumnya yang hanya menampilkan animasi seolah user sedang berada dalam kokpit pesawat,  kali ini yang tampak adalah badan pesawatnya. Video berikut bisa memberi gambaran bagaimana tampilan animasi pesawat tersebut di Google Earth saat beraksi :

Dalam postingnya Amir menyertakan sebuah  Zip file yang sudah terdapat  5 pilihan pesawat yang berbeda-beda, salah satunya adalah sebuah helikopter. Instuksinya bisa dibaca pada postingannya di link ini bagaimana mendownload, menginstall dan menggunakan pesawat tersebut. Anda harus paham cara memanfaatkan keyboard untuk memainkan game ini, Anda bisa dilihat di Flight Simulator Keyboard Controls.

Berikut arahan untuk memainkan game tersebut setelah Anda mendownload dan mengekstrak ZIP file.

  • Animation – Aktifkan animasi  dengan memilih  “Play” button pada time slider. Atur kecepatan  animasi dengan meng-klik icon kunci inggris di kanan atas time slider tersebut untuk kemudian atur slider ke pilihan slow.
  • Enter Flight Simulator – Pada GE, pilih “Tools->Enter Flight Simulator” Kemudian pilih diantara pesawat F-16 atau the SR22 (lebih slow) untuk mode simulasi, lalu tekan  “Start Flight”.
  • Flight Simulator Tips – Baca  GEB flight simulator tips jika Anda belum pernah memainkan game ini di Google Earth.

Met maen game deh…