Google Maps 5.7 for Android kemarin di rilis dengan satu fitur baru “Download Map Area” yang berfungsi untuk men-download peta Google Maps agar bisa digunakan secara offline. Fitur ini bisa diaktifkan melalui halaman Labs.

>

Fitur “Download Map Area” untuk mendapatkan peta Google Maps ini akan men-download area dengan radius 10 mil dari lokasi yang user pilih. User masih bisa men-download lagi lokasi lain yang overlap dengan peta sebelumnya.

Proses download peta Google Maps ini bisa memakan waktu beberapa menit. Hasil download peta hanya menyimpan “landmarks” saja, tidak termasuk gambar satelit dan 3D building.

Anda bisa melihat demo video “how to download Google Maps data for offline use” dibawah ini dari AndroidCentral.com :

Fitur Download Map Area ini berguna bagi para traveler saat hendak mengunjungi daerah lain, namun khawatir akan kualitas koneksi internet di daerah tersebut. Dengan terlebih dahulu mendownload peta untuk bisa dibuka secara offline, paling tidak kekhawatiran itu bisa dihilangkan. Baca juga fitur “Transit Navigation” pada Google Maps 5.7 for Android disini.

Untuk Anda para traveler yang tidak memiliki handphone atau tablet dengan sistem operasi Android namun ingin download peta dari Google Maps untuk daerah tujuan kunjungan Anda, mungkin Anda bisa memanfaatkan tips cara membuat street map book menggunakan sumber peta dari Google Maps disini.

Berikut beberapa postingan di iniGIS.com tentang cara download image dari Google Maps/Google Earth :