google maps indonesiaHead of Product Management Google Southeast Asia Andrew McGlinchey di Jakarta hari ini mengungkapkan bahwa Google Maps Indonesia resmi dirilis, sebuah platform pencarian lokal yang membantu pengguna di Indonesia menemukan informasi geografis lokal seperti peta online, citra satelit panduan arah berkendara, alamat dan daftar perusahaan. Layanan yang bisa di akses pada URL http://maps.google.co.id ini tersedia untuk PC dan ponsel.

Google Maps Indonesia

Google Maps Indonesia menyuguhkan sumber informasi lokal yang lengkap dan mudah digunakan yang meliputi jalan, alamat dan daftar lebih dari 220,000 perusahaan  di seluruh Indonesia. Google Maps juga mampu menampilkan konten yang diciptakan oleh pengguna dalam bahasa Indonesia atau bahasa lain, sehingga baik warga lokal maupun pendatang dapat menyumbang konten teks, foto dan video, sehingga meningkatkan kualitas peta online yang paling lengkap dan paling ramah untuk pengguna di Indonesia.

Google Maps Indonesia memungkinkan pengguna, perusahaan dan developer lokal untuk memberi sumbangan informasi mengenai Indonesia. Google telah bermitra dengan satu provider dan dua start up lokal Indonesia yang memanfaatkan Google Maps API gratis secara terintegrasi. Ketiga mitra tersebut adalah Telkomsel, Urbanesia, dan LewatMana.com.

Dengan pola sharing content, informasi yang diberikan user melalui Urbanesia, LewatMana maupun Telkomsel secara otomatis akan masuk pula ke dalam konten Google. Nantinya, setiap user yang menggunakan mesin pencari tersebut menemukan data yang lebih lengkap dan akurat.

Layanan berbasis-lokasi Telkomsel LACAK yang dapat menampilkan 200.000 titik yang banyak diminati di seluruh Tanah Air, yang difilter berdasarkan 19 kategori lokasi pengguna saat ini telah terintegrasi dengan Google Maps Indonesia untuk mendukung akses mudah untuk mendapatkan arah dan melakukan pencarian alamat.

Sementara Urbanesia.com, situs lifestyle directory yang memanfaatkan Google Maps API untuk menunjukkan lokasi  menyumbang daftar lebih dari 220,000 perusahaan lokal di seluruh Indonesia.  Di LewatMana.com, Google Maps API digunakan untuk menunjukkan kondisi lalu lintas secara langsung di jalan-jalan utama di Jakarta, serta overlay video kamera lalu-lintas dan lokasi insiden lalu lintas yang dilaporkan seperti banjir, penutupan jalan dan kecelakaan.

Beberapa fitur utama yang tersedia di  Google Maps Indonesia antara lain:

  1. Location Search : ketik alamat atau nama bangunan,  pengguna langsung diarahkan ke lokasi yang diinginkan baik di peta atau citra satelit.
  2. Driving Directions : pengguna diberi penunjuk arah antara dua atau lebih lokasi.  Pengguna bisa melakukan ‘click and drag’ untuk mengubahnya.
  3. Local Business Search :  ketik perusahaan atau kategori untuk menemukan lokasinya di Google Maps.
  4. My Maps, fitur yang memungkinkan pengguna secara cepat dan mudah menciptakan peta yang kaya konten berdasarkan minat, keahlian dan kebutuhan pribadi-dari peta tentang tempat-tempat favorit hingga peta mengenai tempat-tempat yang telah dikunjungi.
  5. Google Places, dengan fitur ini, perusahaan-perusahaan di Indonesia, berhak mendaftarkan perusahaan mereka di Google Maps. Temukan cara mendaftarkan perusahaan Anda di Google Maps disini.
  6. Google Maps API, fitur ini adalah toolkit gratis yang memungkinkan pengguna/developer untuk  menempelkan Google Maps yang interaktif ke dalam website  atau blog.

Google Maps Indonesia for Mobile bisa dipakai di semua ponsel yang punya koneksi Internet, termasuk  BlackBerry, Android, iPhone  Kalau berminat, silakan unduh aplikasi gratis tersebut dari http://m.google.co.id/maps.

Temukan berbagai tips pemanfaatan Google Maps di GIS blog ini, seperti cara menghitung luas di Google Maps, mengukur jarak di Google Maps, konversi Google Maps URL menjadi QR Code, menambahkan lokasi bisnis/perusahaan di Google Maps atau bahkan  cara download peta dari Google Maps. Pilih dan klik kategori Google Maps di sebelah kanan atau klik DISINI.

foto-foto diambil dari dari mediaindonesia.com