Setelah memposting cara menampilkan GPS data ke dalam ArcMap dengan perantara ArcGIS Explorer Desktop, serta konversi dari shapefile ke gpx (gps exchange file format), kini saya ingin menunjukkan konversi GPX to SHP dan KML to SHP di ArcGIS 10. Konversi bisa langsung di dalam ArcMap dengan menggunakan Add-in Toolbox berikut : Convert GPSFile to SHP. Add in tersebut bisa di download gratis di Geoprocessing Model and Script Tool Gallery pada situs ArcGIS Resources Center.

Berikut tahapan cara menggunakan Add-in Toolbox Convert GPSFile to SHP yang bisa digunakan untuk melakukan konversi GPX to SHP dan KML to SHP.

  1. Download gratis Add-in Toolbox Convert GPSFile to SHP DISINI.
  2. Extract di directory yang mudah di kenali, atau buat folder baru misalnya kml2shp.
  3. Buka ArcMap, tambahkan Convert GPSFile to SHP  ke dalam Toolbox dengan cara:
    • Klik kanan pada ruang kosong di Toolbox, pilih Add Toolbox
    • Browse ke directory tempat Anda meng-ekstrak Add-in Toolbox Convert GPSFile to SHP, temukan file GPSFile_to_SHP.tbx. Klik OK, maka Anda akan mendapati Toolbox baru dengan nama Convert GPSFile to SHP.
    • Kini Anda siap untuk melakukan konversi dari GPX to SHP atau KML to SHP di ArcGIS 10. Double click salah satu script (sesuai kebutuhan Anda) Convert GPX to SHP atau Convert KML to SHP , maka akan muncul form isian untuk menentukan input file yang akan di konversi, menentukan Feature Type-nya (point / polyline / polygon), serta menentukan output file-nya. Klik OK jika isian Anda sudah sesuai.
      convert kml to shp in arcgis 10

Catatan penting untuk Add-in Toolbox Convert GPSFile to SHP ini :

  • File hasil konversi selalu memiliki sistem proyeksi geographic.
  • Tidak bisa meng-konversi KMZ file. Anda harus extract KMZ to KML terlebih dahulu, bisa menggunakan software 7ZIP atau yang lain. Biasanya menghasilkan file dengan nama doc.kml
  • Script tidak bisa konversi KML yang dihasilkan oleh Google Maps, walaupun sudah di save ulang di Google Earth. Anda harus digitasi ulang KML dari Google Maps di Google Earth untuk bisa meng-konversi menggunakan tool ini.
  • Tool ini masih bisa digunakan di ArcGIS 9.3 / 9.3.1

Untuk pengguna ArcGIS 9.2 / 9.1 serta ArcView 3.x, Anda bisa menggunakan extension DNR Garmin yang bisa di download disini.