PostGIS, yang saat dituliskan ini memiliki versi 1.5.2, adalah spatial database extender untuk PostgreSQL Database Management System, yang dimanfaatkan sebagai backend spatial database untuk geographic information systems (GIS), seperti halnya ESRI SDE atau Oracle Spatial extension. Berbeda dengan dua server database yang disebutkan terakhir, PostGIS merupakan software open source GIS dibawah GNU General Public License.

Jika Anda baru ingin memulai mempelajari PostGIS, BostonGIS telah membuat tutorial Postgis dan PostgreSQL di situsnya. Sebagai permulaan mungkin Anda bisa memulai dengan Getting Started With PostGIS: An almost Idiot’s Guide.

Ada lebih banyak lagi tuntunan untuk mempelajari PostGIS di situs tersebut, silahkan melihat di homepage-nya untuk menemukan tutorial PostGIS dan PostgreSQL lainnya.

BostonGIS juga telah merilis buku PostGIS in Action dalam format hardcopy dan PDF. Saya pernah posting sebelumnya tentang buku ini pada Mei 2009 lalu. Kini buku tersebut sudah banyak revisi, lebih lengkap pembahasannya dan lebih tebal, update terakhir pada bulan April 2011. Format PDF buku tersebut sebenarnya banyak “bertebaran” di internet untuk di download melalui situs file sharing. Mungkin pencarian dengan kata kunci di url berikut http://goo.gl/12P4k berguna.