Image Classification toolbar baru diperkenalkan di ArcGIS 10 untuk membuat klasifikasi image lebih baik, lebih cepat dan lebih mudah. Untuk menggunakan toolbar Image Classification toolbar, Anda memerlukan extension Spatial Analyst.

perubahan landuse - Landsat

Proses klasifikasi image dengan mengubah data raster multiband menjadi data raster single-band menjadi beberapa jumlah kelas, dapat dimanfaatkan untuk membuat peta tematik atau untuk analisa lebih lanjut. Contohnya untuk aplikasi klasifikasi citra satelit pemetaan penggunaan lahan atau deteksi perubahan landuse. Gambar diatas merupakan contoh klasifikasi penggunaan lahan. Gambar sebelah kiri adalah gambar false-color infrared image (dari sensor Landsat 7 TM) sementara gambar sebelah kanan adalah hasil klasifikasi penggunaan lahan menggunakan Image Classification toolbar di ArcGIS 10.

 image classification toolbar

Image Classification toolbar di ArcGIS 10 menawarkan beberapa fungsionalitas sebagai berikut :

Ada dua cara utama untuk klasifikasi citra multiband raster yaitu klasifikasi supervised dan unsupervised. Image Classification toolbar di ArcGIS 10 terutama ditujukan untuk klasifikasi supervised, yang lebih banyak memanfaatkan pengetahuan user tentang citra yang di proses tersebut, termasuk kemungkinan user pernah mengunjungi area tersebut. Dalam klasifikasi supervised, image/data raster diklasifikasikan menggunakan poligon yang mewakili daerah sampel yang berbeda dari jenis penggunaan lahan yang berbeda (training samples). Image Classification toolbar di ArcGIS 10 telah menyediakan Training Sample Manager untuk membuat training samples sehingga prosesnya lebih mudah dan lebih cepat.

training samples manager

Blog ESRI Mapping Center telah membuat sebuah posting cara melakukan klasifikasi image dari Landsat (tersedia juga sampel data untuk di download) menggunakan Image Classification toolbar di ArcGIS 10. Ikuti tahapan tersebut di link ini.