Google Maps Indonesia [ http://maps.google.co.id ] kini tersedia informasi cuaca untuk hampir seluruh kota di Indonesia. Sebelumnya saya pernah posting bahwa di  Google Earth, Anda bisa memiliki gambaran cuaca kota-kota besar di Indonesia. Fitur ramalan cuaca di Google Earth tersebut  telah tersedia sejak versi 5.2 (kini versi 6). Seperti halnya Google Earth , informasi cuaca di Google Maps menggunakan data dari Weather.com.

 

Informasi cuaca di Google Maps bisa Anda peroleh dengan mengaktifkan fitur cuaca (lihat gambar diatas). Informasi cuaca ditunjukkan dengan icon gambaran cuaca berikut dengan besarnya suhu (dalam derajat celcius) dan nama kota. Jika Anda klik icon tersebut, maka terdapat informasi tambahan yaitu kelembaban serta kecepatan angin dan ramalan cuaca  hari ini hingga 3 hari ke depan (lihat gambar di bawah).

 

Di sebelah kiri terdapat informasi kota-kota lain yang terdapat di sekitar area tampilan peta yang user pilih. Misalnya saya ingin tahu informasi cuaca Kota Surabaya dengan zoom in ke kota tersebut, maka informasi cuaca di kota yang dekat dengan Surabaya akan tampil di sebelah kiri. (lihat gambar dibawah)


Informasi cuaca ini juga tersedia di maps. google.com atau dengan kata lain tersedia secara global. Di bawah video resmi dari Google tentang fitur cuaca di Google Maps.  Jadi, kini selain fitur informasi lalu lintas (Jakarta) dan webcam (kota besar Indonesia), Google Maps telah di lengkapi fitur cuaca.