Kini Anda bisa mengetahui informasi lalu lintas jalanan di Jakarta secara langsung melalui layanan Google Maps Indonesia [ http://maps.google.co.id ], hanya dengan mengaktifkan layer ‘Lalu lintas’ yang terdapat di kanan atas layar. Sehingga Anda bisa mengetahui seberapa macet jalanan yang Anda lalui. Seperti diketahui Google Maps versi Indonesia telah dirilis pada Oktober tahun lalu. Lihat info-nya DISINI.

informasi lalul lintas jakarta di google maps indonesia

Kemacetan di relasikan dengan kecepatan lalu-lintas relatif terhadap batas kecepatan jalan yang ditunjukkan dengan warna yang menutupi jalan. Hijau artinya lalu-lintas bergerak cepat dan merah atau hitam berarti lalu-lintas bergerak lambat atau tidak bergerak sama sekali, lihat legenda yang terdapat di kiri bawah layar Google Maps.

Informasi lalu lintas Jakarta juga bisa di akses melalui Google Maps for Mobile [http://m.google.co.id/maps], yang akan lebih memudahkan para pengendara jika ingin mengubah rute yang akan di laluinya untuk menghindari kemacetan Jakarta. Pengguna juga bisa melihat perkiraan berdasarkan trend data kondisi lalu lintas pada waktu yang berbeda pada hari tertentu, atau pada hari-hari lain pada minggu yang sama dengan klik tulisan ubah pada legenda yang terdapat di kiri bawah layar Google Maps.

Informasi lalu-lintas dalam Google Maps Indonesia tersebut bersumber dari penyedia data PT Neo Fusion Indonesia dan dilengkapi oleh data ‘khalayak’ (crowdsourced) dari para pengendara yang dapat memberi informasi mengenai kondisi lalu-lintas terupdate dengan menyetel ponsel mereka agar dapat memberikan data secara anonim.

Jika pengendara menyetel ponsel mereka sehingga Google Maps for Mobile bekerja, GPS diaktifkan, dan fitur My Location dihidupkan, ini akan mengirim balik butir-butir informasi ke Google mengenai seberapa cepat perangkat itu bergerak. Ketika digabungkan dengan data anonim dari perangkat-perangkat lain dengan kemampuan serupa, ini membantu Google Maps menciptakan gambar yang lebih baik mengenai kondisi lalu-lintas.

Situs LewatMana.com pada homepage-nya dengan menggunakan Google Maps API, telah menampilkan informasi lalu lintas secara langsung di jalan-jalan utama di Jakarta, serta overlay video kamera lalu-lintas dan lokasi insiden lalu lintas yang dilaporkan seperti banjir, penutupan jalan dan kecelakaan. Tersedia layer yang bisa di ‘on/off’ untuk menampilkan informasi tersebut.

via detikinet.com