arcgis on vista

Cara install ArcGIS di Windows Vista ternyata cukup banyak dicari-cari, dua postingan sebelumnya versi 1 dan versi 2, telah membuat blog ini ‘nangkring’ di halaman pertama dan urutan pertama pencarian di Google Indonesia. Malah mengalahkan dua sumber postingan tersebut. Nah saatnya blog ini mengeluarkan versinya sendiri untuk  cara melakukan install ArcGIS di Windows Vista yang lebih simpel dibanding dua versi sebelumnya. Menurut saya, dua versi sebelumnya membuat instalasi ArcGIS yang ribet jadi tambah ribet.

Install ArcGIS di Windows Vista yang sampai ada dua versi sebelumnya ternyata telah membuat kebingungan tersendiri. Teman di kantor yang karena kebutuhan, berkeinginan untuk meng-install ArcGIS di Windows Vista menggunakan kedua tuntunan yang pernah saya posting sebelumnya, versi BSulistiodi dan versi saudara Heri Setiawan, tapi ternyata gagal.  Versi Bsulistiodi ditengarai merupakan tutorial cara install ArcGIS original di Vista, sementara versi Heri Setiawan sepertinya menggunakan ArcGIS bajakan.

Cara install yang saya posting kali ini memang belum di uji cobakan pada ArcGIS berlisensi, namun sukses pada ArcGIS dengan crack. Tidak perlu mendownload apapun, tidak butuh ESRIFloat.reg dan license.lic. Caranya pun 99% sama seperti melakukan instalasi ArcGIS pada Windows XP. Nah yang satu persen adalah dengan menambahkan 4 baris code yang disimpan dalam sebuah batch file.

Berikut adalah cara install ArCGIS di Windows Vista versi blog ini :

  1. Install License Manager seperti biasa.
  2. Copy baris code berikut ke notepad dan simpan sebagai batch file di drive C:

    @echo off
    cmdow @ hid
    cd “c:program filesesrilicensearcgis9x”
    lmgrd -z -c arcgis_tbe.lic

    save as batch file

  3. Double klik batch file tersebut.
  4. open batch file

  5. Install ArcGIS desktop seperti biasa
  6. All done!

Ya, cuma itu saja cara install ArcGIS di Vista versi blog ini, benar-benar tidak menambah ribet kan? Dan jujur saja ini sebenarnya bukan hasil dari coba-coba saya, tapi hasil pencarian yang tekun tentang cara install ArcGIS di Vista. Thanks to Teguh yang rajin Googling… Lho, berarti bukan versi iniGIS.info donk? Ya, Memang Bukan! :)

catatan : aktifkan batch file tersebut terlebih dahulu setiap kali akan  menggunakan ArcGIS