Saya berkali-kali ditanyakan hal ini, Bagaimana cara install ArcGIS di Windows Vista? Sementara saya bukanlah pengguna Vista. Saya termasuk pencinta XP. Alasan mereka yang memaksakan  agar ArcGIS bisa di install  di dalam Windows Vista,  karena  laptop mereka sudah  di bundle dengan Vista saat pembelian dan tidak mau menghapusnya. Sayang katanya… Kenapa tidak menunggu ArcGIS 9.3 yang sebentar lagi rilis?

Saya sendiri pernah memberikan sebuah video tutorial cara install ArcGIS hampir setahun silam. Saya tidak menggunakan counter, berapa kali video tersebut sudah di download. Atau tutorial  ArcGIS Installation Guide dalam format PDF disini. Memang keduanya di gunakan pada lingkungan XP. Sementara yang diinginkan saat ini adalah di dalam Windows Vista.

Sabtu kemarin 7 Juni 2008, web Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman memposting tentang cara install ArcGIS di Windows Vista secara rinci. Terus terang saya belum mencobanya, karena memang saya belum menggunakan Vista. Tapi posting tersebut mungkin bisa memberi jawaban pertanyaan-pertanyaan serupa seperti diatas.