Autodesk merilis sebuah layanan dimana user bisa melakukan integrasi antara CAD drawing dengan Google Maps secara online. Layanan tersebut diberi nama Project Butterfly. Project ini sebenarnya bukanlah layanan baru, namun penambahan tools integrasi antara gambar CAD dengan Google Maps ini baru saja dirilis.

Project Butterfly sendiri adalah layanan dimana AutoCAD users bisa melakukan edit AutoCAD drawings secara online via Web browser. Dengan Project Butterfly, AutoCAD users bisa membagi data dan bekerja dengan DWG files dengan kolega atau klien dari komputer mana saja yang terhubung dengan koneksi internet.

Selain itu, dengan Project Butterfly AutoCAD users bisa membuat design menggunakan layanan ini secara online via web browser. User bisa menyimpan hasil design tersebut di komputernya sendiri atau disimpan secara online atau membagi DWG file tersebut ke teman atau klien. Siapa saja bisa mengakses Project Butterfly. Anda tidak harus memiliki AutoCAD yang terinstal di komputer atau laptop.

Integrasi CAD Drawing dengan Google Maps di Project Butterfly dimungkinkan dengan menggunakan Google Maps API for Flash. Dengan Google Maps sebagai background gambar CAD, user bisa mengkolaborasikan antara drawing/design dengan peta/satellite image. User bisa melakukan share, review, co-edit, atau publish link map atau image yang user pilih. Project Butterfly juga sudah support lebih dari 20 popular image libraries dari GDAL Project (OSGEO) sebagai background geographical imagery.

Sebuah Youtube video tersedia untuk melihat bagaimana menggunakan Google Maps dan geographical imagery di Project Butterfly.

ArcGIS sendiri akan segera merilis layanan serupa ditandai dengan rilisnya ArcGIS.com