Jika anda membaca dan mempraktekkan postingan sebelumnya tentang cara untuk menemukan lokasi IP Address menggunakan Google Earth, seharusnya Anda bisa kritis, bahwa lokasi IP Address yang di tunjuk tidaklah akurat. Silahkan Anda praktekkan sendiri, Anda pasti akan menemukan ketidak akuratan yang saya maksud.

Cara yang saya tunjukkan tersebut pun, harus melalui dua langkah tahapan yang harus di lewati. Sebenarnya di web tersedia dua utility untuk menunjukkan lokasi dari suatu IP Address. Yang pertama adalah IP Locator dan yang kedua adalah IP Mapper. Akurasinya?

IP Locator  mampu melakukan plot lokasi berdasarkan IP address yang di input pada form yang tersedia.  Plot lokasi ditunjukkan dalam peta berbasis Google Maps. Anda bisa melakukan export ke KML jika dibutuhkan. 

IP Mapper  memiliki kelebihan, yaitu multiple input IP Address. Kelebihan lainnya adalah fasilitas export data, selain  KML,  juga bisa di export ke format  CSV, DXF, shapefile, Tab-delimited atau  plain text.

Sebagai catatan, IP Address yang di tunjuk lokasinya adalah “approximate coordinates” jadi akurasinya juga tidak tepat benar. Dan lagi, IP Address yang di input, bisa jadi adalah IP dari hosting tempat website berada, atau IP dari provider internet.