Secara default, ArcGIS tidak memiliki kemampuan untuk melakukan konversi  ArcMap layout ke format CAD (DXF / DWG). Namun ada beberapa software / ekstension ArcGIS yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan konversi tersebut. Anda bisa temukan list software / ekstension ArcGIS tersebut DISINI.

Dari list software / ekstension ArcGIS untuk melakukan konversi  ArcMap layout ke format CAD (DXF / DWG) tersebut, saya baru mencoba SmartExporter.DXF dan ArcMap to Adobe Illustrator (AI) to CAD. Dari keduanya, SmartExporter.DXF menghasilkan konversi yang paling baik, masih diperlukan beberapa editing tapi minim saja, meski saya hanya mencoba versi trial-nya saja. Sementara hasil konversi ArcMap to Adobe Illustrator (AI) to CAD bisa dibilang sangat “berantakan”, dan hasilnya membutuhkan banyak editing di CAD.

Anda pernah mencoba software / ekstension ArcGIS untuk melakukan konversi  ArcMap layout ke format CAD (DXF / DWG) yang terdapat di dalam list tersebut? Atau Anda punya pengalaman menggunakan tools lain selain yang terdapat dalam list tersebut? Silahkan berbagi melalui komentar dibawah

Klik disini : List software / ekstension ArcGIS untuk melakukan konversi ArcMap Layout (MXD) ke CAD (DXF/DWG).