. e00 adalah format interchange file berbasis teks yang dapat dikonversi menjadi file GIS coverage (file ArcInfo 3.5.1 versi DOS). Banyak sumber data online yang menawarkan file dengan ekstension . e00 untuk di-download karena file tersebut lebih ringan daripada format file GIS yang konvensional, dan ArcGIS 9.x memiliki tools yang mampu untuk melakukan konversi file tersebut.

File .e00 yang dibuka menggunakan Notepad

File .e00 yang dibuka menggunakan Notepad


Langkah-langkah untuk melakukan konversi file .e00 ke dalam file GIS coverage saya tunjukkan dalam dua cara dibawah ini. Yang pertama menggunakan tools Import71 bawaan dari ArcGIS dan yang kedua menggunakan ArcCatalog.

A.  Menggunakan tools Import71.exe

  1. Sebelum melakukan konversi ini, pastikan file dengan ekstensi .e00 tidak terdapat dalam folder yang memiliki memiliki nama dengan spasi, misalnya My Documents. Simpan file .e00 yang akan dikonversi tersebut ke dalam nama tunggal, misalnya d:datashapecontoh.e00
  2. Temukan file dengan nama Import71.exe yang terdapat dalam folder C:Program filesarcgisbin (atau gunakan Windows search untuk menemukannya). Jika Anda bukan pengguna ArcGIS bisa mendapatkan tools tersebut dengan mendownloadnya DISINI.  Simpan dimana saja hasil download tersebut, karena merupakan file yang portable.
  3. Double klik file Import71.exe. Dari dialog box yang tersedia browse file .e00 yang ingin di konversi. Pada output data source, ketik nama hasil konversi misalnya ketikkan saja Konvert. Tidak perlu ketik nama ekstension-nya dan juga tidak perlu klik browse, karena file hasil konversi akan tersimpan dalam folder yang sama dengan file .e00.
  4. Klik OK dan tunggu hingga terdapat peringatan Import Complete.
  5. Kini Anda mendapatkan file GIS Coverage. Anda bisa menambahkannya pada layer ArcMap. Untuk mengkonversi menjadi shapefile cukup klik kanan, pilih Data –> Export Data.

B. Menggunakan ArcGIS-ArcCatalog

  1. Start ArcCatalog.
  2. Navigasikan mouse Anda ke menu Tools > Customize > Toolbars tab.
  3. Check pada box ArcView 8.x Tools toolbar dan click Close.
  4. Jendela Conversion Tools toolbar kini tersedia.
  5. Click drop-down menu Conversion Tools.
  6. Pilih Import from Interchange File.
  7. Seperti pada saat menggunakan Import71, untuk Input file, browse file .e00 yang ingin di konversi.
  8. Tentukan nama file hasil konversi pada pilihan ouput dataset, klik OK.