Saya ingin menunjukkan tips sederhana cara konversi sistem koordinat yang menjadi default di Mapsource yaitu Lat/Long menjadi UTM. Tips ini saya posting untuk menjawab seorang Engineer di kantor yang ingin membuat report lokasi waypoints yang telah ia plot di lapangan dengan menggunakan sistem proyeksi UTM.

Berikut tahapan konversi sistem proyeksi di MapSource :

  1. Buka data GPS file Anda atau download dari GPS device menggunakan MapSource
  2. Dari menu Edit –> pilih Preferences
  3. Dari jendela yang terbuka, pilih tab Position, ganti pilihan Grid menjadi UTM dan Datum menjadi WGS 84. Klik Apply lalu OK
  4. Kini sistem proyeksi UTM dengan datum WGS 84 menjadi sistem proyeksi default di  MapSource Anda  setiap kali Anda membukanya. Jika terdapat banyak waypoints dengan bermacam zone, di MapSource akan tampak seperti gambar di bawah ini.

Untuk menampilkan ke dalam report dalam format tabular (Excel), Save As dengan format file TXT (Tab delimited). Kemudian drag file txt tersebut ke dalam blank workbook di Excel.  Hasilnya tampak kolom Position dengan sistem proyeksi UTM. Anda bisa memisahkan kolom Position tersebut menjadi tiga kolom berbeda (misalnya : Zone, Easting, Northing) dengan menggunakan fasilitas Text to Columns yang terdapat di Excel.

Hasilnya tampak seperti gambar di bawah ini