Saya pernah memposting cara melakukan konversi ASCII text file to contour line hingga menjadi data DEM menggunakan Global Mapper. Postingan kali ini saya akan menunjukkan hal yang sebaliknya, konversi contour line format shapefile menjadi ASCII text file yang memuat nilai koordinat dan nilai elevasi (XYZ) dalam format *.txt

 

Berikut dibawah ini adalah tahapan cara melakukan konversi contour line dengan format shapefile menjadi ASCII text file di Global Mapper.  Screenshot yang ada dalam postingan ini menggunakan Global Mapper versi 12. Sementara untuk contoh data shapefile yang digunakan bisa di download di akhir postingan ini.

  1. Open data file, tambahkan data contour line shapfile ke dalam data view Global Mapper.
  2. Buka pusat kontrol layer dari meu Tools –> Control Center. Pilih layer yang telah di tambahkan sebelumnya, klik tombol Options. Jendela Vector Options akan terbuka. Lakukan pengaturan seperti tampak pada gambar di bawah ini (panah merah).
  3. Data yang digunakan dalam latihan ini telah memiliki sistem proyeksi UTM Zone 47 South Datum WGS 84. Jika Anda ingin mengubah sistem proyeksi-nya, bisa berpindah ke tab Projection (lihat gambar). Klik OK jika Anda sudah selesai melakukan pengaturan di jendela Vector Options. Tutup Overlay Control Center dengan klik tombol Close.
  4. Kini saatnya proses konversi dari contour line dengan format shapefile menjadi ASCII text file. Dari menu File -> pilih Batch Convert/Reproject (lihat gambar dibawah). Pada pilihan “Select Type to Convert From” pilih Shapefile, pada pilihan “Select Type to Convert To” pilih Simple ASCII Text File. Klik OK, maka akan tampil jendela Batch Convert.
  5. Pada jendela Batch Convert , lakukan pengaturan seperti tampak pada gambar, pertama klik tombol “Add Onscreen Files”.  Pada form “Source Files” akan tampil nama shapefile yang akan dikonversi berikut dengan direktori lokasi-nya. Klik pada Source Files tersebut (sehingga tampak sebagai highlight berwarna biru). Lalu lakukan pengaturan pada sebelahnya, misalnya ingin mengubah lokasi penyimpanan file hasil konversi, mengubah sistem proyeksinya atau penamaan file-nya. Jika tidak ada yang ingin di ubah, biarkan pilihan default-nya, lalu klik OK.

    Global Mapper akan memprosesnya dan hasilnya seperti tampak pada gambar di bawah ini, saat ASCII text file dibuka menggunakan aplikasi Text Editor.
  6. Jika Anda ingin melakukan konversi dari ASCII text file menjadi data DEM (gambar dibawah), ikuti panduan yang terdapat di link ini.

Download sample data contour line shapefile
-via Google Docs (File –> Download Original)-