Konversi shapefile ke dalam format file yang bisa dibaca oleh GPS dapat dilakukan oleh beberapa software. Beberapa diantaranya bahkan merupaka produk open source. Salah satu software yang mendukung import GIS Data ke GPS dan juga sebaliknya adalah DNRGarmin. DNRGarmin sebelumnya dikenal sebagai program untuk melakukan eksport dari GPS data ke dalam format shapefile, khusus untuk GPS merk Garmin.

garmin

Kini program ini juga bisa melakukan hal yang sebaliknya, dari shapefile ke GPS. Saat ini DNRGarmin telah tersedia versi 5.4.1 modifikasi terakhir tanggal 22 September 2008. Sementara hanya bisa digunakan untuk Windows NT/2000/XP, jadi belum mendukung Vista. Kompatibel dengan ArcGIS 9.x (not 8.x), Arcview 3.x, ArcExplorer 2.0 (non-Java), Landview 4.3, Google Earth. Kompatibel juga dengan GPS Garmin Colorado, Oregon, dan Nuvi. Beberapa tips saat menggunakan DNRGarmin :

  1. Setting proyeksi secara default sebaiknya menggunakan WGS 84, dan pastikan shapefile yang akan di import juga memiliki system proyeksi geographic WGS 84.
  2. Anda harus menyimpan secara manual dan memberi nama saat melakukan upload polyline atau polygon ke GPS, karena track yang di upload tersebut otomatis menjadi track yang sedang aktif, bukan sebagai direktori track. Sebelum upload Anda harus menghapus seluruh track point yang aktif yang terdapat dalam memory GPS, sehingga track yang akan Anda upload tidak tercampur dengan track yang sudah ada.

Download Gratis DNRGarmin